Jurnal Skripsi tentang Perilaku Konsumen

NAMA            : REKNOASRIANI

KELAS           : 3EA15

NPM               : 11209137

TUGAS           : Jurnal Skirpsi tentang Perilaku Konsumen

Nama Penulis / Tahun  : Yan Januar Akbar /2010

 

Judul Penelitian            : ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS, DAN SIFAT KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDAH MOTOR

 

Sumber Jurnal / URL   : http://eprints.undip.ac.id/19406/1/Skripsi.pdf

 

Masalah / Tema / Topik         : Masalah yang menjadi dasar penelitian ini adalah adanya penurunan penjualan sepeda motor Honda dalam kurun waktu 2005-2008.

1. Apa pengaruh motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda

motor Honda?

2. Apa pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian sepeda motor

Honda?

3. Apa pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor

Honda?

 

Tujuan Penelitian                   :

1. Untuk menganalisis pengaruh motivasi konsumen terhadap keputusanpembelian sepeda motor Honda.

2. Untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan

pembelian sepeda motor Honda.

3. Untuk menganalisis pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan

pembelian sepeda motor Honda.

 

Teori-teori yang digunakan:

–  Pemasaran

–  Perilaku Konsumen

–  Teori Motivasi

 

Hipotesis    :

a) Hipotesis 1

Motivasi konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda

motor Honda di Kota Semarang.

b) Hipotesis 2

Persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda

motor Honda di Kota Semarang.

c) Hipotesis 3

Sikap konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda

motor Honda di Kota Semarang.

 

 

 

 

Metode-metode Penelitian :

 

Objek              : Gambaran Umum Perusahaan,  PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra International.

Jenis Data      :  –Data Sekunder

-Data Primer

Metode Analisis :

–    Analisis Data Kualitatif

–          Analisis Data Kuantitatif

–          Uji Validitas

–          Uji Reliabilitas

–          Analisis Angka Indeks

–          Uji Asumsi Klasik

–          Uji Multikolinearitas

–          Uji Heteroskedastisitas

–          Uji Normalitas

–          Analisis Regresi Berganda

–          Uji Goodness of Fit

–          Uji F (Uji Simultan)

–          Uji t (Uji Parsial)

Model/teori yang di uji          :

Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + e

Dimana :

Y : Keputusan Pembelian

a : Konstanta

b1, b2, b3 : Koefisien masing-masing faktor

X1 : Motivasi Konsumen

X2 : Persepsi Kualitas

X3 : Sikap Konsumen

e : Standard error

 

Sumber Jurnal / URL :

Deskriptif/interpretasi data   : –Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan.

Analisis/hasil-hasil                 :

–   diketahui bahwanilai r hitung dari semua indikator variabel lebih besar dari r tabelnyanya. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa semua indikator dalam penelitian ini adalah valid.

–          pada tabel uji reliabilitas diketahui bahwa semua variabel mempunyai Cronbach Alpha lebih besar dari 0,06 maka dapat disimpulkan bahwa keseluruhan variabel dalam penelitian ini adalah reliabel.

 

Kesimpulan dan Keterbatasan

Kesimpulan                :

–          Variabel motivasi konsumen memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian oleh konsumen diantara variabel bebas lainnnya yang diteliti yaitu sebesar 0,403. Kemudian pengaruh terbesar lainnya adalah variabel sikap konsumen sebesar 0,283 dan variabel persepsi kualitas sebesar 0,228.

–          Hipotesis pertama (H1) yang menyatakan bahwa motivasi konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Semarang terbukti kebenarannya.

–          Hipotesis kedua (H2) yang menyatakan bahwa persepsi kualitas konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Semarang terbukti kebenarannya.

–          Hipotesis ketiga (H3) yang menyatakan bahwa sikap konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Semarang terbukti kebenarannya.

–          Variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel motivasi konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen sebesar 61,4% sedangkan sisanya 38,6% dijelaskan oleh variabel-variabel atau aspek-aspek lain diluar model.

Kontribusi pada masyarakat :

 

–          Penelitian yang akan datang disarankan untuk menambah variabel-variabel baru yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda seperti; Program Promosi (Bella, 2009), Citra Merek, Nama Merek, dan Brand Awareness (Fepria, 2009) sehingga mampu memberikan nilai indeks yang lebih tinggi serta dapat menghasilkan gambaran yang lebih luas tentang masalah penelitian yang sedang diteliti.

–          Penelitian mendatang dalam pengambilan sampel dan daerah yang digunakan untuk menyebarkan kuesioner hendaknya menggunakan objek lokasi penelitian yang lebih luas dan merata di seluruh Kota Semarang sehingga wilayah penelitian tidak hanya berkisar dengan wilayah yang diketahui peneliti.

–          Pengisian kuesioner harus benar-benar dipantau agar tidak ada jawaban yang kosong dan tidak terjadi kesalahan pengisian serta yang lebih utama adalah pembuatan butir-butir pertanyaan harus benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi kebingungan responden dalam mengisi dan jawaban yang dihasilkan dapat merepresentasikan hal-hal yang ditanyakan

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s