LOYALITAS PELANGGAN : SEBUAH KAJIAN KONSEPTUAL SEBAGAI PANDUAN BAGI PENELITI

Nama : Rekno Asriani

 

NPM   : 11209137

 

Kelas   : 3 EA 15

 

 

Nama Penulis / Tahun          : BASU SWASTHA DHARMMESTA/1999

 

Judul Penelitian                     : LOYALITAS PELANGGAN : SEBUAH KAJIAN KONSEPTUAL SEBAGAI PANDUAN BAGI PENELITI

 

Sumber Jurnal / URL           : Jurnal ekonomi dan bisnis Indonesia 1999

vol 14, no. 3,73-88 , Universitas Gajah Mada

 

Masalah / Tema / Topik        : 

1.Tingkat kepuasan konsumen yang loyal terhadap suatu merek barang tertentu ?

2.  Bagaimana mengidentifikasikan pelanggan yang loyal pada merek?

 

Tujuan Penelitian                  :

1. Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepusan konsumen terhadap suatu barang bermerek

2. Untuk menganalisis pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian

 

Teori-teori yang digunakan :

–  Pemasaran

–  Perilaku Konsumen

 

Hipotesis                                 :

Loyalitas pelanggan sebetulnya berasal dari loyalitas merek yang mencerminkan loyalitas pelanggan pada merek tertentu. Loyalitas merek berkaitan dengan preferensi konsumen dan pembeli aktual.

 

Metode-metode Penelitian

–          Objek                                : Merek dan atribut lain yang ada pada produk

–          Jenis Data                                    : Data Primer, Data Sekunder, Pengambilan sampel pada       konsumen dengan wawancara

–          Model/teori yang di uji    :

S1 =b0 + b1Perf1 + b2Et + b3St-1 + Trend + nt

S1             = kepuasan pada periode t

Perf1     = kinerja (perilaku pada tingkat perusahaan)

Et             = pengharapan tentang kinerja pada periode t

St-1          = kepuasan pada periode t-1

Trend = factor trend standard untuk memperhitungkan perubahan kepuasann dari tahun ke tahun

Nt             = variable random yang terdistribusi secara independen dan identik dengan rata-rata nol dan variable terbatas

 

Kesimpulan                            :

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa kesukaan merek itu terbentuk mulai ketika konsumen masih anak-anak dan meninjak dewasa (Guest, 1964 dalam Solomon, 1996). Konsumen yang loyal merek akan bergantung pada kategori produknya. Sebagai contoh konsumen yang loyal pada obat tradisional tidak akan loyal pada obat non-tradisional. Oleh karna itu pemasar perlu memperkirakan loyalitas merek untuk kategori khusus. Pemasar dapat mempengaruhi pola pembelian konsumen dengan melakukan promosi penjualan yang intensif seperti pemberian kupon, atau dengan menawarkan perubahan harga. Komitmen merek yang selalu kuat ada pada konsumen yang loyal merek sehingga mereka tidak akan mudah pindah merek. Jadi pengembangan loyalitas merek menjadi tujuan utama dalam pemasaran. Dengan pertimbangaan harga yang wajar komitmen konsumen pada merek yang didasarkan pada kualitas menjadi semakin kuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s