Peranan Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Era Globalisasi #softskill Tugas Bahasa indonesia 2

NAMA  : Rekno Asriani

Kelas   : 3 EA 15

NPM    : 11209137

Tugas softskill Bahasa Indonesia 2

            Bahasa merupakan budaya dari masyarakat yang berfungsi sebagai alat komunikasi. Bahasa dan masyarakat adalah dua hal yang saling berpengaruh. Apabila suatu masyarakat berkembangdengan baik, maka bahasa akan berkembang dengan baik, Dengan demikian dapat dikatakan,bahwa suatu bahasa akan berkembang dengan baik apabila masyarakat pemakainya memberikanperhatian positif. Sebaliknya, apabila masyarakat mengacuhkan atau melupakan bahasa, makabahasa itu akan musnah atau setidaknya bahasa itu sulit berkembang.

 

Dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, bahasa berfungsi sebagai wahana untuk menyampaikan imformasi dengan cepat dan sekecil-kecilnya, sehingga kita dapat menguasaiilmu tersebut.

 

Pada saat ini, Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi masih tertinggal jika dibandingkan dengan di negara-negara maju seperti negara-negara di Eropa dan Amerika.Karena bahasa Inggris berkembang secara seimbang dengan ilmu pengetahuannya, makapenggunaan bahasa pengantar pada buku-buku yang dipakai dalam memperkenalkan ilmupengetahuan dan teknologi pun banyak yang menggunakan bahasa Inggris. Hal ini berbandingterbalik dengan bahasa Indonesia yang perkembangannya tak seimbang dengan perkembangan budaya masyarakatnya. Oleh sebab itu, walaupun bahasa Indonesia sudah berperan sebagai alatpersatuan tetapi belum dapat berperan sebagai pengantar ilmu pengetahuan.

 

Dengan digunakannya bahasa Indonesia sebagai pengantar ilmu pengetahuan, salah tafsir ataumakna ganda sedapat mungkin dihindari karena kata yang dipakai umumnya lebih bersifatdenotatif daripada konotatif, ungkapan yang dipakai sederhana dan tanpa basa-basi. Di samping itu, kejelasan tuturan ditandai dengan urutan keterangan yang saling berhubungan dan mudah dipahami oleh pembaca, yaitu :

 

 1.Ringkas, bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi mengharuskan uraian yang padat, tetapi tidak dengan memendekkan atau menggunakan akronim, lebih-lebih yang tidak dikenal umum.

 

 2.Lengkap, bahasa ilmu pengetahuan dan teknologi tidak membiarkan pembaca bertanya-tanyatentang maksud suatu pernyataan. Sebaliknya, yang sudah nyata atau tidak perlu diulang-ulangatau diberi tekanan khusus. Semua data yang perlu haruslah ada. Sedangkan yang berlebih-lebihan haruslah ditinggalkan.

 

 3.Sederhana, ditandai dengan kosakata yang tidak bermuluk-muluk dan sintaksis yang tidak berbelit-belit.

 

 4. Keutuhan dan Unity yang dapat dilihat dari hubungan yang baik dan logis antara bagian-bagiankarangan, sehingga keseluruhan hubungan yang baik dan logis tetap tampak.

 

5.Keruntutan atau Coherence, yang berarti adanya keterpautan makna di dalam suatu karya tulis.Keterpautan makna ini dapat dicapai dengan menyusun kalimat-kalimat logis dan kronologisserta berdasarkan urutan pentingnya kalimat. Kalimat yang satu dapat diperjelas dengan maknakalimat yang lain, baik yang mendahului maupun yang mengikutinya.

6.Tidak menggunakan Implikatur, suatu hal baru diterangkan sejelas mngkin tanpa menggunakanimplikasi seperti yang banyak terdapat dalam bahasa lisan sehari-hari.

 

Bahasa Indonesia sebagai Sarana Pengembangan IPTEK 

 

Ditinjau dari segi usia, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang masih muda. BahasaIndonesia sebagai bahasa nasional baru pada tahun 1928 yang ditandai dengan lahirnya SumpahPemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. sejak itu pula nama Indonesia dipakai sebagai namatersebut, yang sebelumnya dikenal dengan bahasa Melayu. Setelah Indonesia merdeka, bahasaIndonesia itu dijadikan bahasa negara, seperti dapat dibaca pada Undang-Undang Dasar 1945,pasal 36. ini berarti bahwa, sebagai bahasa negara bahasa Indonesia baru lahir pada tahun 1945,bersamaan dengan disahkannya Undang-Undang Dasar 1945.

 

Suatu kenyataan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi di negara kita ini, sedang mengalamiperkembangan yang sangat pesat. Kepesatan perkembangannya, perlu diimbangi oleh bahasayang mampu mewadahinya serta yang mampu meneruskan ilmu pengetahuan dan teknologi ini,baik secara horisontal (kepada generasi yang sama), maupun secara vertikal (kepada generasiyang akan datang).

 

Untuk itu, pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk bahan pembahasan seyogyanya ditulis dengan gaya karya ilmiah, atau ilmiah populer. Penyajian karya ilmiahpopuler tidak memerlukan skemata atau pengetahuan yang rumit tentang segala sesuatu yangdibahas. Ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disajikan dengan bahasa yang jelas, denganmempergunakan istilah yang lazim digunakan dalam masyarakat umum. Nadanya informatif,diselingin banyak humor agar menarik bagi pembaca.

 

Orang awam biasanya tidak tertarik kepada istilah yang terlalu khusus dan terdengar aneh.Mareka ingin sesuatu yang biasa-biasa saja, yang sudah ada di dalam masyarakat. Apabila didalam masyarakat ada istilah yang dapat dipergunakan untuk merujuk pada suatu konsep tentangpengetahuan dan teknologi, maka hendaklah istilah itu dipakai. Apabila tidak ada istilah yangsesuai dengan konsep itu, maka hendaklah mengambil istilah yang sudah ada, yang maknanyahampir sama atau mendekati istilah yang dimaksud.

 

Penggunaan istilah baru sebagai pengganti istilah asing, memang seyogyanya mendapatkanperhatian khusus dari para penulis karangan ilmiah. Namun pengembangan penggunaan

 

selanjutnya sangat bergantung kepada keberanian istilah baru itu dalam masyarakat. Katacanggih misalnya, kini sudah memasyarakat dengan baik. Salah satu alasannya mungkin karenakata sophisticated yang semula dipergunakan sebelum kata ´canggih´ dilakukan, belum begitubanyak dipergunakan oleh penulis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Referensi :

One thought on “Peranan Bahasa Indonesia dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Era Globalisasi #softskill Tugas Bahasa indonesia 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s