Pengertian Etika, Etika Bisnis Serta Penerapanya dalam Kehidupan Sehari – hari #Tugas Softskill Etika Bisnis#

Etika

Nama              : Rekno Asriani

Kelas               : 4EA15

NPM               : 11209137

Tugas              : Etika Bisnis #

 

Pengertian Etika, Etika Bisnis Serta Penerapanya dalam Kehidupan Sehari – hari

  • Etika

Etika berasal dari bahasa Yunani ‘ethos’ yang berarti adat istiadat/ kebiasaan yang baik Perkembangan etika yaitu Studi tentang kebiasaan manusia berdasarkan kesepakatan, menurut ruang dan waktu yang berbeda, yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan pada umumnya

Menurut para ahli, etika tidak lain adalah aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Perkataan etika atau lazim juga disebut etik, berasal dari kata yunani ETHOS yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik, seperti yang dirimuskan oleh beberapa ahli berikut ini:

·     Drs. O.P. Simorangkir              : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

·     Drs. H. Burhanudin Salam                          :   etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya.

 

  • Etika bisnis

Etika bisnis adalah standar-standar nilai yang menjadi pedoman atau acuan manajer dan segenap karyawan dalam pengambilan keputusan dan mengoperasikan bisnis yang etik. Paradigma etika dan bisnis adalah dunia yang berbeda sudah saatnya dirubah menjadi paradigma etika terkait dengan bisnis atau mensinergikan antara etika dengan laba. Justru di era kompetisi yang ketat ini, reputasi perusahaan yang baik yang dilandasi oleh etika bisnis merupakan sebuah competitive advantage yang sulit ditiru. Oleh karena itu, perilaku etik penting diperlukan untuk mencapai sukses jangka panjang dalam sebuah bisnis.

  • Penerapan Etika Dalam Kehidupan Sehari – hari

Berikut adalah contoh etika dari beberapa kegiatan yang biasa dilakukan :

  1. Etika dalam menggunakan handphone

Hp atau Handphone adalah perangkat telekomunikasi yang memiliki banyak manfaat dan mudah dalam pengoperasian. Namun untuk mendapatkan sebuah manfaat yang berdapat positif, pengguna harus beretika ketika menggunakan teknologi tersebut dengan cara melihat lingkungan sekitar, seperti :

  • Tempat yang sesuai untuk menggunakan handphone, seperti tempat ibadah, gedung bioskop, ruang kelas dan lain-lain. Jadi pengguna harus mengetahui apakah tempat tersebut akan terganggu ketika pengguna menggunakan handphone.
  • Volume suara pengguna ketika melakukan pembicaraan menggunakan handphone. Jadi pengguna harus menggunakan volume suara yang normal ketika melakukan pembicaraan menggunakan handphone agar tidak menarik perhatian dan tidak mengganggu orang-orang yang berada disekitar anda.
  • Tema pembicaraan. Ketika pengguna berada ditempat umum, diusahakan untuk tidak melakukan pembicaraan yang bersifat pribadi karena jika dilakukan didekat orang lain, akan membuat orang lain mau tidak mau mendengarkan pembicaraan pribadi pengguna. Jika pembicaraan tersebut harus dilakukan, maka lakukanlah pembicaraan tersebut ketika keluar dari tempat tersebut.
  1. Etika dalam chatting

Chatting adalah sebuah media komunikasi yang menggunakan hubungan internet. Biasanya chatting hanya dilakukan oleh dua orang saja. Tapi walaupun kegiatan tersebut hanya dilakukan oleh dua orang saja dan tidak secara langsung, tetap saja pengguna harus menggunakan etika ketika melakukannya, seperti :

  • Ketika melakukan chat, pengguna harus jujur dengan lawan chat agar tidak menimbulkan kekecewaan dikemudian hari.
  • Jangan melakukan sebuah keisengan (melakukan buzz) karena bisa saja orang yang sedang diisengi sedang sibuk dengan pekerjaan yang ia lakukan.
  • Ketika melakukan chat harus bersikap sopan, seperti mengucapkan salam ketika membuka pembicaraan atau tidak menggunakan kata-kata kasar.
  • Jika pengguna merasa terganggu dengan salah satu teman chat, pengguna dapat melakukan update status yang berisikan informasi yang berkaitan dengan kegiatan pengguna yang tidak boleh diganggu.

 

3. Etika dalam menggunakan email

Email adalah sarana untuk surat menyurat yang menggunakan internet. Dalam menggunakan email juga harus didasari dengan etika agar maksud dari email tersebut akan sesuai dengan kehendang pengirim email, seperti :

  • Jangan menggunakan huruf besar ketika menulis email. Hal tersebut bisa berdampak kesalahpahaman.
  • Isi subject sesuai sesuai dengan isi dari email tersebut.
  • Jangan mengirimkan pesan-pesan yang tidak penting (iseng).
  • Gunakanlah bahasa yang sopang ketika menulis email. Terutama kepada orang yang belum dikenal baik.
  • Diusahakan agar jangan menulis sesuatu yang berkaitan dengan kejelekan orang lain.
  • Jangan menggunakan CC (Carbon Copy), karena jika penerima melihat email tersebut, semua alamat email yang ditulis di CC akan terlihat juga.

4. Etika dalam menggunakan radio komunikasi

Radio komunikasi adalah salah satu sarana komunikasi yang menggunakan pemancar. Dalam menggunakan sarana ini juga harus menggunakan etika, seperti :

  • Memantau frekuensi yang ingin dimasuki.
  • Menyebutkan posisi pengguna.
  • Menggunakan kata “ganti” pada akhir pembicaraan.
  • Memberikan prioritas kepada penyampai berita-berita yang penting.
  • Menggunakan bahasa yang sopan.
  • Menulis Log Book yang berisikan tentang siapa yang anda ajak untuk berkomunikasi, tanggal melakukan komunikasi, dan waktu ketika melakukan komunikasi.

Kesimpulan :

Dalam etika bisnis ini kita dapat memahami secara garis besar bahwa etika bisnis merupakan penerapan prinsip etika yang perlu diterapkan dalam kehidupan manusia terutama dalam kegiatan bisnis, dalam etika bisnis kita juga mengenal beberapa macam teori yang dapat digunakan sebagai dasar penilaian perbuatan seseorang baik itu dari segi negatif maupun segi positif.

Sumber :

  1. http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=21&cad=rja&ved=0CBwQFjAAOBQ&url=http%3A%2F%2Ffitrinugraheni.files.wordpress.com%2F2011%2F08%2Fteori-ebi.doc&ei=ldNvUKC4NonqrQe7z4BQ&usg=AFQjCNHeSIzzuLT7uFFPwloT2UQPaZQCvA&sig2=U86d6GMQHi0u3j0lF8qnqA
  2. http://duniabaca.com/pengertian-etika-dan-macam-macamnya.html
  3. http://rensha02.blogspot.com/2010/03/etika-di-kehidupan-sehari-hari.html
  4. http://eprints.undip.ac.id/4907/1/Etika_Profesi.pdf

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s